Anti Copy Paste: Tutorial Agar Artikel Tidak Bisa di Clone

Konten []
Hallo Sobat Mamang, Jumpa lagi!. Pada artikel kali ini saya akan sedikit membagikan tutorial agar artikel kita tidak bisa di kloning oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Disini pasti sobat akan meras risih apabila artikel yang sobat tulis dengan susah payah ternyata di kloning oleh orang yang tak bertanggung jawab. Kalau ngekloning artikel orang itu menyertakan sumbernya itu fine fine saja. Tapi jika tidak menyertakan sumber itu tidak fine, harus kita beri tindakan lebih.

Kloning adalah tindakan melanggar etika sebagai seorang blogger, kloning biasanya dilakukan oleh seseorang yang menggunakan teknik blackhat yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dengan instan tanpa susah payah.

Baca juga : Cara Cek Artikel Kamu di Copas atau Engga Oleh Orang Lain

Konten atau artikel yang telah di kloning isinya pasti sama persis dengan kontent asli dari blog yang di kloning, semua sama dari segi judul, gambar kata-kata, dll. Biasanya kloning mendapatkan ratusan artikel dengan waktu cepat karena prosesnya dengan memanfaatkan full feed dari blog yang di kloning dan mendownload feed tersebut dalam format .xml yang kemudian diimport ke blog baru.

Cara agar artikel tidak bisa di Clone 
Ok sobat, buat sobat yang ingin agar konten atau artikel sobat tidak bisa di kloning oleh orang yang tidak bisa menghargai karya orang lain, baik langsung saja ikuti tutorial berikut.

Langkah 1
Masuk ke Blogger.com

Langkah 2 
Pergi ke Setelan > Lainnya.
Nah pada bagian Izinkan Feed Blog silahkan sobat ganti yang awalnya Penuh menjadi Tidak Ada seperti pada angka nomer 3. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat lihat gambar di bawah ini



Cara agar artikel tidak bisa di copy paste
Clone dan copy paste itu sama tapi beda!! 
Clone adalah tidakan mencuri keseluruhan dari semua artikel yang kita tulis sampai ke akar akarnya. Sedangkan copy paste adalah tindakan pengcopyan yang biasnya kita lakukan dengan cara klik dan tahan pada artikel lalu blok isi artikelnya dan tinggal di paste.

Ok biar artikel kita lebih aman dan tidak bisa di copy paste, mari kita pasang script anti copy paste.

Langkah 1
Masuk ke Blogger.com

Langkah 2
Pergi ke bagian Tata Letal lalu klik Tambahkan Gadget



Langkah 3
Pada bagian gadget disini sobat pilih HTML/JavaScript dan klik icon + di pojok


Langkah 4
Pada bagian konten silahakan sobat isi dengan kode HTML di bawah ini.
<script language='JavaScript1.2'>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function ("return false")
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselect
document.onclick=reEnable
}
</script>
Lalu copy kode di atas lalu pastekan kedalam konten seperti pada gambar di bawah ini dan klik simpan.



Nah gimana sobat mamang tutorial kali ini, sangat mudah bukan!.
semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat agar artikel yang ada pada blog sobat tidak bisa di clone dan copy paste.

Apabila ada langkah-langkah yang sulit untuk sobat ikuti, maka jangan sungkan untuk menanyakan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.