Cara Daftar dan Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster 2019

Konten []

Cara Daftar dan Submit Blog ke Webmaster Agar page one. Bang gimana sih caranya agar blog cepat ke index google, bang gimana caranya agar artikel cepat ke index dan page one. Banyak pertanyaan seperti itu yang di lantunkan para blogger yang lagi belajar merintis untuk membangun sebuah blog. Cara agar blog dan artikel cepat ke index google yaitu dengan cara daftar blog ke webmaster dan submit artikel ke webmaster.

Apa itu Google Webmaster! Google Webmaster adalah sebuah tools SEO digital yang disediakan gratis oleh Google untuk membantu Anda memahami semua perubahan yang terjadi pada blog anda. Google Webmaster kini dikenali sebagai Google Search Console.

Apa Saja ke Unggulan Google Webmaster

  • Dapat membuat blog dan artikel anda terindex oleh mesin pencarian google
  • Meningkatkan Page Rank Anda
  • Bisa Memberikan Data Akurat Terkait Aktivitas Website Anda
  • Dapat Mengevaluasi Kinerja Website Anda
  • Sanggup Mendeteksi Malware Berbahaya bagi Website Anda
  • Dapat memungkinkan Anda untuk Melakukan Konfigurasi

Cara Daftar Blog ke Webmaster 2019

Cara dan langkah langkah untuk mendaftarkan blog ke webmaster adapun seperti berikut, mari simak baik baik tutorialnya. 

Langkah 1 
Buka Webmaster Disini
Pada halaman Search Console silahkan sobat klik Mulai Sekarang.


Langkah 2
Pada bagian ini sobat klik AWALAN URL dan pada pengisian URL sobat isikan dengan URL blog sobat dan setelah itu tinggal klik TERUS.


Apabila muncul notif seperti ini sobat langsung saja klik BUKA PROPERTI.


Langkah 3
Setelah Buka Properti sobat akan masuk ke laman webmaster. Pada laman ini kita akan VERIFIKASI Blog sobat yaitu dengan cara klik icon Garis garis lalu lanjut klik Setelan.



Pada laman Setelan sobat lanjut klik Tag HTML, nah pada Tah HTML disini ada kode html yang harus sobat tambahkan pada blog sobat, Copy  kode HTML tersebut yang ada pada nomer 3.


Langkah 4
Buka Blog sobat lalu masuk ke Tema > Edit HTML


Pada bagian HTML sobat pastekan kode Tag HTML yang sudah sobat copy pada langkah 4 tadi tepat di bawah kode <head> seperti pada gambar di bawah ini. Setelah di pastekan lalu klik Simpan Tema.


Langkah 5
Seteleh tema di simpan sobat balik lagi laman webmaster sebelumnya pada langkah 3 tadi lalu klik VERIFIKASI. Apabila berhasil maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Nah disini sobat sudah berhasil mendaftarkan blog sobat ke Google Webmaster.

Cara Submit Blog ke Webmaster tool

Agar blog sobat cepat terindex dan terbaca oleh mesin pencarian google sobat harus mendaftarkan blog sobat ke Webmaster. Dengan mendaftarkan blog ke Webmaster maka Blog dan Artikel sobat akan lebih mudah dan cepat terdeteksi oleh google.

Masuk ke halaman utama Webmaster, lalu klik Peta Situs. Pada bagian Peta Situs sobat masukan 3 buah Peta Situs di bawah ini.
  • sitemap.xml
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • atom.xml

Apabila proses submit Peta Situs berhasil makan akan ada tulisan Sukses, apabila tidak berhasil maka akan ada tulisan berwarna merah seperti pada gambar di bawah ini.


Karena yang saya Daftarkan dan Submit ini adalah blog baru maka feeds/posts/default?orderby=updated
dan atom.xml Eror. Tapi biarkan saja nanti kalau blog sobat sudah banyak artikel maka secara otomatis nanti akan menjadi Sukses.

Mungkin itu saja tutorial yang dapat saya bagikan pada artikel ini, apabila sobat masih ada step step yang tidak dapat dimengerti silahkan sobat tulis di kolom komentar.