Kayu Bajakah Sebagai Obat Sembuhkan Kanker

Konten []

Kayu Bajakah, nama tanaman ini tiba-tiba menjadi viral dalam beberapa waktu terakhir setelah diketahui oleh tiga orang siswa SMAN2 asal Palangkaraya Kalimantan Tengah, mereka meraih medali emas pada ajang World Invention Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan berkat penelitian mereka terhadap tanaman Bajakah ini, berdasarkan penelitian mereka terhadap tanaman bajakah  disebut dan dipercaya bisa mengobati penyakit kangker.

Apa Itu Kayu Bajakah


Bajakah adalah tanaman khas Kalimantan Tengah yang tumbuh liar di hutan kalimantan, tanaman ini tumbuh merambat kepohon pohon dengan rata rata ketinggian 5 meter. Kayu Bajakah di kalimantan ada banyak sekali jenisnya, menurut penduduk lokal kurang lebih  ada 100 jenis bajakah yang tumbuh di hutan kalimantan. Contohnya seperti Bajakah Lame, Bajakah Tempala, Bajakah Kalalawit.

1. Bajakah Tampala

Biasanya digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin. Zat ini dapat mempercepat pertumbuhan kolagen dan pembentukan epitel baru.

2. Bajakah Lamei

Biasanya masyarakat dayak sering menampung cairan yang terdapat pada pohon bajakah lamei untuk kemudian diminum. Cairan dari pohon ini dipercaya dapat menyembuhkan diare.

3. Bajakah Kalalawit

Bajakah jenis ini dipercaya memiliki kandungan katekin yang tinggi. Katekin tersebut disebut bisa mencegah penyakit jantung, kelebihan berat badan, dan membantu pembentukan kolagen. Senyawa katekin yang terkandung dalam gambir juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Zat Apa Saja yang Terkandung dalam Kayu Bajakah

Kayu bajakah mengandung 40 Zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, Zat zat ini mampu melawan bahkan dapat mematikan sel kanker, contoh zatnya adalah

  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Steroid
  • Terpenoid
  • Tanin
  • Saponin
  • Alkonoid
  • dan lainnya

Manfaat dan Khasiat Kayu Bajakah

Kayu Bajakah sebagai obat kanker, menurut warga kalimantan Akar tanaman bajakah sudah digunakan masyarakat setempat sejak turun-temurun sebagai salah satu obat kangker, bahkan ada salah satu warga yang mengidap kanker payudara stadium empat telah menggunakan kayu bajakah sebagai obat kanker, dan sudah merasakan khasiat dari bajakah.

Menurut pakar medis dari yayasan Kanker Indonesia, Fenita mengatakan bahwa kayu bajakah ini mempunyai potensi untuk menyembuhkan pengobatan kanker, kalau mau di pakai sarannya hanya sebagai pelengkap ujarnya, namun harus tetapi harus mengikuti protokol medis.

Cara Pengolahan Kayu Bajakah

Cara pengolahan tanaman kayu bajakah. Bajakah bisa diolah dengan cara sebagai berikut :

  • Dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari.
  • Lalu batang tanaman bajakah ditumbuk hingga menjadi bubuk halus.
  • Sebelum digunakan sebagai obat, bubuk halus tersebut direbus menggunakan air biasa selama kurang lebih 30 menit.
  • Kemudian, air rebusan tersebut diminum sebagai pengganti air minum harian.
  • Air rebusan yang memiliki warna dan rasa seperti teh hambar itu diklaim bisa menghilangkan tumor di tubuh jika dikonsumsi secara rutin selama 2 bulan.

Catatan : 
Tidak semua jenis akar kayu bajakah bisa di gunakan untuk menyembuhkan kanker, cuma jenis tertentu saja,

Kayu bajakah biasanya juga di gunakan warga sekitar sebagai menangkap ikan dengan racun yang ada pada kayu tersebut, jadi kita tidak bisa sembarangan dalam menggunakan kayu bajakah. Hanya ada jenis jenis tertentu saja yang bisa dan ampuh di gunakan untuk menyembuhkan suatu penyakit seperti kanker.