Tips Membangun Sebuah Blog yang Berkualitas Bagi Pemula

Konten []
Hallo Sobat, lama tak berjumpa. So! Pada artikel kali ini saya akan membagikan langkah-langkah yang harus sobat lakukan sebelum sobat membuat sebuah Blog.

Blog adalah media atau tempat dimana sobat dapat mempublikasikan artikel hasil karya sobat.  Bagi sobat yang masih terbilang pemain baru di dunia Blogger perlu sobat ketahuai apa saja yang harus disiapkan sebelum membuat blog. Hal ini dilakukan supaya blog sobat mampu bersaing dengan Blog lain.

Membuat blog sangat mudah tetapi ada beberapa langkah penting yang perlu Sobat ikuti sebelum membuat blog. Di bawah ini adalah hal hal penting yang perlu sobat lakukan sebelum membuat sebuah blog.

Pilih Niche Blog

Tema blog atau lebih sering disebut dengan niche adalah topik yang akan menjadi fokus pembahasan sobat ketika mengisi konten artikel pada blog sobat. Sebelum membuat blog, sobat harus memiliki alasan khusus untuk membuatnya.

Mungkin sobat bertanya-tanya niche seperti apa yang akan sobat pilih dalam persiapan membuat blog.  Nah kali ini sobat tepat sekali berada di blog mamang, disini saya akan contohkan cara memilih niche blog yang cocok bagi sobat. 

Buatlah niche blog sesuai dengan hobi atau passion sobat, Contoh misalkan hobi atau passion sobat adalah dunia fotography maka buatlah konten atau artikel yang berhubungan dengann dunia fotography dengan sobat membuat konten sesuai dengan hobi atau passion sobat yang seperti itu maka akan sangat menguntungkan sekali jika dipilih sebagai niche blog sobat.

Kenapa mimilih niche blog harus sesuai dengan hobi atau passion, Karena dengan adanya hobi atau passion sobat dapat memberikan kualitas yang sangat maksimal bagi blog sobat. Dengan begitu, rasa bosan dapat diminimalisir karena kegiatan yang sobat lakukan bisa menjadi bahan bacaan atau referensi bagi orang lain dan sobat juga tidak akan kesulitan untuk mencari ide atau pembahasan yang akan sobat tulis pada blog sobat nantiya.

Pilih platform Blog

Memilih platform sangat penting ketika sobat ingin mebuat sebuah blog. Dalam dunia blogger ada 4 platform yang saya ketahui yaitu Blogger, Wordpress, Mywapblog, dan Thumblr. 4 platform tersebut semuanya mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mempubliskan artikel yang kita buat. Dari ke 4 platform tersebut hanya 2 platform saja yang banyak di gandrumi para blogger sekarang ini yaitu Blogger dan Wordprees. Apa itu?

Blogger

Platform ini dimiliki oleh Google, memungkinkan, pengguna, untuk membuat blog secara gratis dengan domain. blogspot.com yaitu, setiap blog gratis yang dibuat pada platform akan seperti www.example.blogspot.com. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan domain kustom seperti Example.com, Example.net dll.


Wordpress

Platform ini memungkinkan, pengguna, untuk membuat blog secara gratis dengan domain. wordpress.com, yaitu setiap blog gratis yang dibuat pada platform ini akan menjadi seperti www.example.wordpress.com. Platform Ini juga menyediakan tema dan beberapa plugin yang dapat membantu sobat agar tampilan blog sobat lebih ciamink. 

Menulis Artikel yang Baik

Banyak blogger berpikir bahwa hal ini tidak diperlukan. Namun konten utama pada sebuah blog adalah karya tulis yang mana sobat harus lihai dalam menulis sebuah artikel. Terkadang para blogger memilih niche yang baik untuk blog mereka tetapi mereka tidak dapat menulis artikel dengan baik dan benar. Menulis asal asalan dapat membuat pembaca blog sobat menjadi jenuh dan bosan. 

Agar pengunjung blog sobat tidak mudah bosan ketika membaca artikel maka sobat harus belajar untuk menulis artikel yang baik. Mengapa begitu? karena ketika sobat menulis dan tulisan itu dibaca oleh orang lain, maka sobat harus berusaha untuk membuat artikel yang enak dibaca dan tidak membuat pembaca menjadi bosan. Dengan sobat memulis artikel yang baik maka otomatis pembaca akan menjadi betah pada blog sobat dan akan membuat pengujung blog sobat selalu rame. Berikut point yang harus sobat pakai dalam membangun sebuah blog. 

4 Point menulis artikel yang baik

1. Tulis artikel yang bermanfaat untuk banyak orang.
Buatlah sebuah artikel yang bermanfaat bagi orang lain. Misal seperti niche yang sudah kita bahas di atas tadi maka buat lah artikel yang mempunyai manfaat bagi orang lain, seperti artikel Tips Momotret Pemandangan agar mendapatkan hasil yang maksimal, Tips memotret low light dll. Buat lah artikel sekreatif mungkin dan dapat dengan mudah di pahami

2. Gunakan subjudul di setiap topik penting yang dibahas dalam paragraf
Subjudul membuat pembaca mengerti inti dari paragraf yang sedang sobat tulis. Ini membuat artikel sobat terlihat lebih menarik. 

3. Sertakan minimal 1 gambar
Fungsi gambar ini selain untuk mempercantik tampilan artikel  juga berguna untuk memperjelas makna dan maksud dari artikel yang sedang sobat buat. Selain itu kata para blogger di luaran sana gambar pada artikel juga dapat menambah nilai SEO artikel sobat. Di dalam teknik SEO, gambar bisa dioptimasi dengan memasukkan kata kunci di deskripsi gambar. 

Tapi perlu di ingat juga, gambar yang sobat sertakan disini sebaiknya dikompress terlebih dahulu ukuran filenya supaya artikel tidak lemot ketika dibuka oleh pengunjung karena ukuran file gambar yang besar.

4. Menulis artikel minimal 500 kata
Usahakan tulisan artikel berjumlah minimal 500 kata. Ujar para blogger yang udah jago dalam dunia blogger makin panjang artikel maka lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membaca artikel akan lebih lama. Hal ini memberi nilai positif bagi blog sobat di mata Google. Tapi ingat ya, meskipun harus berjumlah minimal 500 kata disetiap artikel jangan menyepelekan kualitas artikel. Jangan hanya karena ingin mencapai 500 kata lalu sobat membuat kata - kata yang berbelit dan cenderung tidak informatif.


Memilih Template Menarik, Responsive dan Sederhana


Di dalam membuat blog, pemilihan template yang menarik akan membuat kesan profesional pada blog Anda karena selain terlihat bagus terselip kesan bahwa Anda ingin menyajikan yang terbaik untuk para visitor sehingga mereka nyaman ketika berkunjung ke blog Anda.



Gunakan template yang responsive untuk dapat diakses di semua device. Karena ada banyak ukuran layar device yang saat ini beredar dipasaran, hal ini mengharuskan kita untuk mempertimbangkan pemilihan template yang responsive. Responsive disini adalah ketika seseorang membuka blog Anda baik di PC, laptop dan smartphone maka tampilan blog tetap terlihat proposional dan tidak acak - acakan. Dengan begitu, visitor merasa nyaman saat mengakses blog disemua device yang mereka punya.


Nah sekarang sobat telah belajar hal yang diperlukan untuk membangun sebuah blog, ayoo buruan ngeblog, ngeblog itu asik sobat, kita dapat menuangkan semua yang kita mau dalam blog. Ngeblog juga dapat menghasilkan uang loh, caranya sobat dapat bergabung dalam program Google Adsense.

Oke sobat mungkin itu saja artikel yang dapat saya ulas kali ini, semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan silahkan sobat tulis di kolom komentar atau sobat juga bisa menghubungi saya melalui Contact US